Artikel

Dokumentasi Tradisi Penggantian Atap di Kabuyutan Trusmi

21-01-2013

Report ini adalah dokumentasi prosesi Memayu yaitu tradisi penggantian atap alang-alang di Kabuyutan Trusmi, Cirebon yang dilakukan 3-5 November 2012 yang lalu yang dilakukan oleh masyarakat lokal Trusmi sendiri secara mandiri, independen dan berkelanjutan.

IAI Dan Masa Depan Ke-Arsitek-An Indonesia

04-07-2012

Salam Arsitek,

Hingar bingar perdebatan dan perseteruan antara para pendukung kandidat calon ketua IAI nasional yang terjadi sejak akhir Musyawarah Nasional (MUNAS) ke-13 Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) di Balikpapan dan dead-lock selama hampir 6 bulan telah usai sudah. Kemarin yang lalu, pada hari sabtu 2 Juni 2012 jam 16.55 Wib di Hotel Bumi Surabaya Jawa Timur telah terpilih sebagai mandatoris Ketua Umum IAI Nasional periode 2012-2015, Munichy Bachron Edress,IAI dari perwakilan IAI Daerah Istimewa Yogyakarta.

Interview with Louis Cox, President of the International Union of Architects (UIA)

22-03-2010

RETHINKING WHAT WE ARE DOING IN DESIGN PRACTICE AND EDUCATION

One and a half hour conversation with Louis Cox, the President of UIA, was definitely a dialog full of inspiration and encouragement. Her statement provided some insight into the education and practice of architecture and their position within current society, especially in the local context of Indonesia. In particular, Cox emphasized on the needs for a deeper understanding of what we are doing as an architect, how we should cultivate open mind and how we should teach accordingly in architecture schools.

Raperda RUTR 2030 DKI Jakarta (Bag. 2)

18-03-2010

Menyambung artikel saya mengenai Tinjauan Singkat RUTR 2030 - Jakarta. Saya melanjutkan artikel tersebut dengan menulis item ke 2 yang sudah saya sampaikan di artikel pertama; yaitu mengenai: Technical Content dari RUTR 2030. Saya memilih untuk membahas masalah ini terlebih dahulu karena didalam forum IAI ini; adalah tempat banyak para pemerhati masalah teknis dari RUTR tersebut. Sedang masalah Governance dari RUTR banyak sekali terkait kepada Bureaucracy pemerintah dan sistem politik yang sedang berjalan dimana saya bukanlah seorang ahli governance management/development dan tidak pada tempatnya untuk memberikan artikel yang tidak searah dengan websites ini.

Tinjauan singkat RAPERDA RUTR 2030 DKI JAKARTA

12-02-2010

RAPERDA RUTR 2030 DKI JAKARTA sudah di sosialisasikan melalui banyak media termasuk website khusus untuk pembahasan raperda tersebut.

Penulis membuat tinjauan singkat ini dibagi dalam 3 kategori:

  • Governance issues
  • Technical issues
  • Implementation issues