Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Rapuh & Runtuh

17-05-2012

Sebuah ajakan selalu berfikir positif.

Memilih Ketua Umum IAI sesuai nurani.

Salam kesejawatan.

Sejawat Arsitek Indonesia yang dikasihi dan disayang Tuhan,

Pelaksanaan pemungutan suara dalam rangka memilih Ketua Umum IAI 2012‐2015 di Daerah tinggal beberapa hari lagi, karena Panitia Pemilihan telah menetapkan tanggal 15 Mei 2012, Panitia Pemilihan Daerah/Cabang harus sudah melapor kan hasilnya.

Saya merasa terpanggil untuk mengajak semua sejawat yang tersebar diberbagai daerah di Indonesia (tentu aksesibilitas di masing masing daerah, terutama diluar Pulau Jawa tidak semudah seperti di Pulau Jawa) untuk dapat menyempatkan diri dan mengorbankan waktu, tenaga dan biaya dalam ikut memenuhi panggilan demokrasi berbasis "Satu Anggota Satu Suara" (One Member One Vote) di lokasi Saudara masing masing berada.

Kita telah mempunyai 2 (dua) Calon Ketua Umum, yaitu sejawat Bambang Eryudhawan,IAI dan Munichy B Edrees, IAI.
Tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri sendiri. Kita semua memahami pula, bahwa berdemokrasi memang perlu saling pengertian, bersedia untuk menerima dan memberi dengan "kebesaran jiwa" karena dari dua calon "nakoda" kapal IAI, kita harus memilih "seorang nakoda" dan bukan dua duanya.

Kredo Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Rapuh & Runtuh, saya ketengahkan, agar kita tidak mudah dipengaruhi oleh opini berbagai orang/pihak yang cukup berkepentingan untuk membuat IAI runtuh.

Kita semua juga paham bahwa sistem demokrasi yang terbaik adalah "Musyawarah untuk mencapai Mufakat" tetapi idealisme tersebut memang sulit dicapai, sehingga solusi yang mendekati idealisme adalah melalui "Pemungutan Suara" yang tengah kita jalankan saat ini.

Demikian halnya pada saatnya nanti Panitia Pemilihan dalam melaksanakan penghitungan suara akan mendasarkan Tata Cara Penghitungan yang disepakati saat Forum Konsultasi Nasional yang dihadiri Dewan Caretaker, Dewan Kehormatan, Dewan Pendidikan, Ketua Pengurus Baerah/Cabang dan Perwakilan IAI, di Bali pada tanggal 4-5 Februari 2012, sebagai hasil "pemungutan suara/voting" karena pada saat itu tidak dapat di capai "musyawarah untuk mufakat".

Semoga Tuhan selalu bersama kita. Amin.

Lereng Gunung Merapi, Jumat Kliwon 11 Mei 2012,


Sumardi Suhud Martawiredja, IAI.