Pelatihan Dasar Pelestarian

13-08-2014

Revitalisasi Bangunan Cagar Budaya Di Kotatua

Waktu  : 9 – 11 September 2014
Tempat : UP Balai Konservasi Kotatua, Jl. Pintu Besar Utara, Kotatua Jakarta
Didukung oleh : UNESCO, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Difasilitasi oleh : Ikatan Arsitek Indonesia, AusHeritage dan Pusat Dokumentasi Arsitektur
Bekerjasama dengan  : UPK Kotatua Jakarta, UP Balai Konservasi dan Museum Sejarah Jakarta


Latar Belakang

Saat ini masih banyak ditemukan kegiatan pelestarian pada bangunan cagar budaya yang dilakukan di Kotatua Jakarta yang masih belum sesuai dengan standar kaidah pemugaran. Hal ini disebabkan sejumlah faktor termasuk kurangnya kesadaran dan pemahaman mengenai nilai penting pelestarian dan metode pelaksanaan pemugaran, baik dari pemilik bangunan cagar budaya, pengguna, maupun kontraktor, arsitek, manajer proyek dll, serta kurangnya pengetahuan tentang bagaimana proses menangani sebuah proyek pemugaran, sumber daya yang tersedia, akses informasi dan biaya dalam melakukan upaya pelestarian adalah juga salah satu penyebabnya.

Untuk mengatasi masalah ini, sebagai langkah awal upaya revitalisasi Kotatua Jakarta, disusun sebuah Information KIT yang dapat digunakan sebagai referensi bagi para pelaku pelestarian di Kotatua, termasuk para pemilik bangunan cagar budaya, arsitek, pengelola atau pengguna bangunan, kontraktor, dll. Information KIT sebagai panduan praktis pelestarian bangunan cagar budaya, berisi tentang prinsip dasar pelestarian, pengenalan karakter arsitektur bangunan cagar budaya di Kotatua, proses perencanaan dan regulasi yang berlaku khususnya di Jakarta, penilaian kondisi dan kerusakan bangunan, teknik dasar pemugaran, penambahan elemen baru dan pemanfaatan, perawatan serta studi kasus yang diseleksi memenuhi prinsip dan kriteria kaidah pemugaran yang baik.

Sejalan dengan upaya untuk penyebarluasan informasi dan pengetahuan mengenai Information KIT ini, diselenggarakan pelatihan dasar yang modulnya disusun berdasarkan topik dalam KIT tersebut dalam kegiatan kuliah teori dasar dan uji coba praktek lapangan pada bangunan cagar budaya di Kotatua yang memiliki potensi untuk menjadi pilot project pemugaran. Modul pelatihan dan Information KIT dikembangkan oleh IAI, PDA, AusHeritage dan UNESCO dengan arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan lembaga-lembaga di bawah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan DKI Jakarta, BalaiKonservasi, Unit Pengelola Kawasan Kota Tua, PT. Pembangunan Kota Tua), adalah bagian dari seluruh kegiatan dalam kerangka proyek UNESCO bertajuk “Old City, New Vision: First phase project for the revitalisation of Kota Tua, Jakarta through sustainable tourism and heritage conservation”.

Diharapkan modul pelatihan dan Information KIT dengan pilot project di Kotatua Jakarta memiliki potensi besar untuk mendukung program pelestarian kota-kota bersejarah di Indonesia yang nantinya direncanakan dapat diimplementasikan di kota lain agar dapat berdampak lebih maksimal dan berkelanjutan.

Tujuan

  • Memberikan pengetahuan prinsip dasar pelestarian dan pemugaran bangunan cagar budaya di Kotatua Jakarta baik dari segi teori dan kaidah yang berlaku, praktek aplikasi teknik dasar pemugaran serta berbagi pengetahuan dari berbagai studi kasus best practise yang dinilai sesuai dengan standard kaidah pemugaran.
  • Memperkenalkan dan diseminasi tata cara penggunaan Information KIT Revitalisasi Bangunan Cagar Budaya di Kotatua.

Pendanaan

Acara ini bebas biaya. Penyelenggara tidak menanggung biaya transportasi dan akomodasi untuk peserta dari luar Jakarta.

Peserta

Maksimal seluruh peserta adalah 25 orang terdiri dari:

  • Pemilik bangunan cagar budaya di Kota Tua Jakarta – 8 orang
  • Profesional : Arsitek dan Kontraktor - 17 orang

Pendaftaraan

Seluruh calon peserta akan dikirimkan undangan berikut formulir pendaftaran. Calon peserta diharapkan mengirimkan formulir pendafataran dan kelengkapannya sebelum tanggal 25 Agustus 2014 ke alamat sekretariat. Duapuluhlima (25) peserta yang lulus seleksi akan diumumkan pada tanggal 1 September 2014 melalui e-mail atau telepon, serta akan mendapatkan materi panduan dan program kegiatan pelatihan. Nilai KUM arsitek
anggota IAI: 15. Peserta yang mengikuti secara penuh kegiatan pelatihan akan mendapatkan sertifikat.

Prosedur Pendaftaraan

Calon peserta yang hendak mengikuti training ini harus mendaftar dengan mengirimkan dokumen :

  • Formulir pendaftaran serta tulisan singkat yang berisi resume tentang latar belakang motivasinya mengikuti training ini, atau ketertarikannya pada bangunan cagar budaya, maksimal 1 lembar halaman.
  • Surat pernyataan kesediaan untuk mengikuti seluruh kegiatan selama training (bermaterai)

Sekretariat

IKATAN ARSITEK INDONESIA
Jakarta Design Center Lt. 7
Jl. Gatot Subroto Kav. 53, Slipi,
Jakarta 10260 Indonesia
t: +62 21 530 47 15
f: +62 21 530 47 22
E-mail: trainingkotatua@gmail.com u.p: Ibu Yanita Mila Ardiani

Download

Filename Filesize Date
Pelatihan Dasar Pelestarian - formulir.docx (1 downloads) 109.46 kB 2014-08-13
Pelatihan Dasar Pelestarian - PROGRAM fx130814.pdf (2 downloads) 380.47 kB 2014-08-13