MERAH PUTIH MEMANGGIL

Dari: 22-01-2016 - hingga: 28-01-2016

MERAH PUTIH MEMANGGILMU

Jakarta, 17 Januari 2016

 

Rekan-rekan Arsitek,

Sebagaimana diketahui Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.
 

Pada akhir Desember yang lalu Olympic Council of Asia (OCA) mengingatkan Indonesia untuk mempercepat persiapan sarana & prasarana Asian Games 2018. Untuk percepatan persiapan sarana & prasarana Asian Games 2018 tersebut, Pemerintah menunjuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk membereskan semua soal infrastruktur.

Salah satu sarana Asian Games 2018 yang membutuhkan percepatan dalam hal perencanaan dan pelaksanaan konstruksi adalah penataan komplek olahraga terbesar di Indonesia, yaitu Gelora Bung Karno. Kusus untuk tugas pembangunan GBK ini, Kementerian PU PERA membentuk sebuah Satgas khusus untuk percepatan pembangunannya. Dan untuk perencanaan dan perancangan komplek olahraga ini, Pemerintah mempercayakan Ikatan Arsitek Indonesia untuk terlibat secara penuh.

Kami sebagai Pengurus Nasional IAI telah menyatakan siap menerima tugas negara tersebut. Kami sampaikan kepada Satgas Asian Games bahwa kami akan memanggil talenta-talenta terbaik yang dimiliki negeri ini untuk bersama-sama memenuhi panggilan mulia ini. Bahkan anak-anak bangsa yang sedang berkiprah di luar negeri juga kita panggil pulang untuk ikut serta dalam pasukan kita.

Kita menjanjikan bahwa putra-putra terbaik ini akan bekerja secara sabbatical, berhenti dulu dari pekerjaannya, demi memenuhi panggilan negara yang memerlukan tenaganya.

 

Rekan-rekan Arsitek,

IAI sebagai organisasi profesi memang belum punya pengalaman dalam menangani kegiatan seperti ini. Tetapi saat ini kita sampai pada kondisi khusus dan mendesak. Bapak Presiden RI meminta dilakukan upaya-upaya khusus untuk menangani keterlambatan pembangunan dan penyiapan sarana olahraga untuk menjaga harga diri bangsa. Sudah tidak mungkin menggunakan sistem lelang  ataupun menyelenggarakan sayembara secara normal sebagaimana seharusnya dilakukan. Kondisi darurat ada di depan kita. Maka keterlibatan IAI diharapkan dapat menjawab kondisi  ini.

 

Sekarang waktunya tiba,

Sekaranglah waktunya untuk membuktikan lagi kita sebagai bangsa bisa berbangga untuk menyiapkan sarana bagi kegiatan internasional, yang menghindarkan bangsa ini dari rasa malu karena kegagalan yang sebenarnya bisa kita hindari.

Berbangga pula kita sebagai putra putri daerah hasil dari kerja anak bangsa ini kelak dapat meningkatkan kemampuan diri. Menjadi suatu nilai lebih berkarya di kesempatan ini. Bahkan pada akhirnya mampu memperkaya pengetahuan dan wawasan serta menjadi modal guna membangun daerah asal kita.

Tujuan dari kegiatan ini sebagaimana dipesankan oleh Presiden Joko Widodo: “Pada 18 Agustus 2018 kawasan kompleks Gelora Bung Karno berubah menjadi lebih baik, tertib, nyaman, lestari, dan dapat dibanggakan”. Oleh karena itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyambut pesan tersebut dengan memanggil para arsitek dengan paradigma “Demi Merah Putih!”

 

Rekan-rekan,

Tentu saja kita tidak akan melanggar peraturan perundangan apa pun dalam kiprah kita ini. Kita akan dipayungi sebuah Inpres sebagai pedoman kita bertindak dan bekerja. Dan sebagai organisasi kita akan membentuk Satgas IAI yang terdiri dari Tim Pengendali dan Tim Pelaksana. Skema kerja yang kita susun sebagaimana uraian di bawah ini.

Tujuan dari pengumuman ini adalah untuk mencari dan membentuk Tim masterplan dan Tim Perancang, yang merupakan delapan Arsitek Kepala (chief of architect).

  1. LINGKUP TUGAS SATGAS IAI
  1. Menyusun kelangkapan tim kerja beserta pedoman teknis pelaksaanaan pekerjaan.
  2. Bersama-sama Satgas Kemen PUPR menyusun Kerangka Acuan Kerja sebagai dasar perancangan.
  3. Menyelenggarakan sistem perekrutan arsitek untuk kebutuhan Tim Perencang.
  4. Bersama-sama Satgas Kemen PUPR menyusun kebutuhan sarana dan prasarana kerja.

 

  1. LINGKUP RANCANGAN
  1. Menyusun masterplan penataan kawasan Gedung Olah Raga Senayan seluas +/- 68 ha.
  2. Merancang lansekap, street furniture, penanda lingkingan, loket, gerbang, parkir, toilet umum, sarana difabel, hall of fame, dan lain sebagainya.
  3. Merancang dan merencanakan renovasi/baru fasilitas-fasilitas:
  1. Stadion Utama Senayan (renovasi).
  2. Stadion renang (baru/renovasi berat).
  3. Istora (renovasi)
  4. Stadion Tennis Indoor (renovasi)
  5. Stadion Tennis I/Center Court (renovasi)
  6. Lapangan Panahan (renovasi)
  7. Stadion Madya (renovasi)
  8. Lapangan Hockey (renovasi)
  9. Gedung Bola Volley (renovasi)
  10. Gedung Basket (renovasi)
  11. Gedung Latihan Bulu Tangkis (renovasi)
  12. Lapangan Sepak Bola “A” (renovasi)
  13. Softball Pintu Satu (renovasi)

 

  1. POLA KERJA SATGAS IAI
  1. Pengurus Nasional IAI tidak terlibat secara langsung dalam tim kerja, tetapi sebagai penanggung jawab nota kesepahaman (MOU) antara Kementerian PUPERA dan IAI.
  2. Satgas IAI akan bekerja selama 6 bulan masa perencanaan dan 1 tahun masa pengawasan berkala sampai pembangunan selesai.
  3. Pengurus Nasional IAI akan membentuk Tim Pengarah yang terdiri dari senior dengan beragam keahlian spesifik, seperti ahli cagar budaya, ahli standar bangunan olahraga, ahli tata kota, ahli keamanan dan keselamatan, serta ahli-ahli lain yang diperlukan.
  4. Pengurus Nasional IAI akan membuka partisipasi dari seluruh anggota IAI untuk membentuk Tim Perancang dengan cara membuat semacam kompetisi proposal prarancangan untuk dinilai kesungguhannya. Perlu dicatat kompetisi ini bukan untuk mencari karya rancangan arsitektur, tetapi mencari arsitek.
  5. Delapan arsitek yang terpilih akan menjadi Arsitek Kepala (chief of architect) sekaligus mengepalahi Tim Perancangan untuk masing-masing paket pekerjaan. Kepala Tim Perancangan berhak memilih dan menentukan arsitek serta ahli lain (misalnya ahli sipil, struktur, mekanikal, elektrikal, interior, dan sebagainya) yang diperlukan dalam perancangan.
  6. Seluruh personal yang ikut dalam Satgas akan mendapat honor dari negara secara pantas.
  7. Seluruh personal Management Project, Tim Perancang, dan Tim Produksi akan bekerja purna waktu selama 6 bulan.
  8. Satgas IAI ini akan bekerja satu atap. Kita akan menyusun ruang kerja besar di kawaasan Gelora Bung Karno dengan segala kelengkapannya dan bekerja siang malam untuk memenuhi tengat waktu yang diberikan pada kita.

 

  1. PENDAFTARAN CALON ARSITEK KEPALA

Kualifikasi arsitek sebagai berikut :

  1. Anggota Ikatan Arsitek Indonesia; atau pernah mengerjakan atau terlibat dalam mengerjakan proyek fasilitas olahraga; atau pernah terlibat sebagai peserta sayembara fasilitas olahraga sejenis. Jika memiliki SKA minimal Madya akan menjadi nilai lebih.
  2. Memiliki minat dan mampu mendesain bangunan olahraga.
  3. Bersedia bekerja secara purnawaktu di lokasi kantor yang akan ditentukan kemudian di Jakarta selama 6 bulan masa perencanaan, sejak bulan Februari sampai dengan Juli 2016; sampai 1,5 tahun. Serta melakukan pengawasan berkala sampai dengan bangunan selesai.
  4. Mengirimkan data diri disertai dengan proposal rancangan kawasan Gelora Bung Karno atau bagian kawasan, atau usulan rancangan salah satu gedung.
  5. Data eksisting kawasan Gelora Bung Karno, serta data lainnya bisa diunduh di www.iai.or.id
  6. Data diri (curriculum vitae), fotocopy SKA (jika ada) dan proposal rancangan dicetak dalam kertas ukuran A3, serta menyertakan file tersebut dalam sebuah CD dengan resolusi yang maksimum. Dimasukkan dalam amplop coklat tertutup ukuran A3 beserta dengan Surat Pernyataan Komitmen dan ditujukan ke :

Sekretariat Nasional Ikatan Arsitek Indonesia (IAI)

Jakarta Design Center (JDC) Lt. 7

Jl. Gatot Subroto Kav. 53,

Slipi, Jakarta 10260

  1. 021 530 47 15
  2. Data diri (curriculum vitae), scan SKA (jika ada), scan Surat Pernyataan Komitmen dan proposal rancangan tersebut dikirimkan juga dalam format PDF maksimum 2Mb ke email :  sekretariat.iai@gmail.com
  3. Pendaftaran kami tunggu sampai dengan 28 Januari 2016.

 

Demikian rekan-rekan,

 

Kami berharap banyak rekan-rekan yang berminat untuk bergabung bersama dengan mengikat komitmen atau sekedar menyumbangkan ide, gagasan, atau data-data ke Sekretariat Nasional IAI di Jakarta.

 

 

Semoga Tuhan meridhoi langkah kita.

 

Salam hangat,

Ahmad Djuhara/Ketua Umum IAI

 

Link Kebutuhan Data Kawasan Gedung Olahraga Senayan dapat diunduh di Dropbox berikut :

https://www.dropbox.com/sh/6ulpvkgj2vuwvom/AABrRWmgrqwT9BHT-trNmEm2a?dl=0