Sayembara Paviliun Utama dan Stand Nasional Indonesia di Frankfurt Book Fair (FBF) 2015

Dari: 30-05-2014 - hingga: 12-07-2014

FBF dianggap sebagai pameran buku paling penting dalam hal transaksi dan perdagangan internasional terkait rights dan lisensi. Pameran buku yang telah berlangsung sejak 500 tahun lalu ini biasanya diselenggarakan pada pertengahan Oktober di area Frankfurt Trade Fair di Frankfurt am Main, Jerman. Selama lima hari, lebih dari 7000 peserta dari lebih dari 100 negara ambil bagian untuk mendapatkan informasi tentang pasar penerbitan, membentuk jaringan kerja, dan berbisnis.

Pendahuluan


A. Tentang Frankfurt Book Fair

1. Frankfurt Book Fair

The Frankfurt Book Fair (FBF) (Jerman: Frankfurter Buchmesse) merupakan arena transaksi buku terbesar dan paling bergengsi di dunia, bahkan melebihi the London Book Fair dan BookExpo America dalam hal ukuran dan signifikansinya secara komersial. FBF dianggap sebagai pameran buku paling penting dalam hal transaksi dan perdagangan internasional terkait rights dan lisensi. Pameran buku yang telah berlangsung sejak 500 tahun lalu ini biasanya diselenggarakan pada pertengahan Oktober di area Frankfurt Trade Fair di Frankfurt am Main, Jerman. Tiga hari pertama pameran ini eksklusif diperuntukkan bagi pengunjung yang hendak berbisnis, sementara dua hari terakhir diperuntukkan bagi pengunjung umum. Selama lima hari, lebih dari 7000 peserta dari lebih dari 100 negara ambil bagian untuk mendapatkan informasi tentang pasar penerbitan, membentuk jaringan kerja, dan berbisnis. Pameran ini menjaring hampir 300 ribu pengunjung dan menghadirkan lebih dari 400 ribu buku. Penerbit, agen, penjual buku, pustakawan, akademisi, ilustrator, penyedia layanan, produser film, penerjemah, pencetak, profesional dan asosiasi perdagangan, lembaga, seniman, penulis, kolektor benda kuno, penyedia software dan multimedia, semua ambil bagian dalam program dan iklim bisnis di FBF.1

2. Guest of Honour
Program Guest of Honour (Tamu Kehormatan) yang terkadang juga mencakup sejumlah negara dalam suatu wilayah tertentu sebagai tamu, sudah berjalan sejak tahun 1976. Awalnya, program ini dilangsungkan setiap dua tahun sekali oleh Frankfurt Book Fair, tapi sejak 1988 program ini dijalankan setiap tahun sekali. Sekarang, sebagian besar dari program ini diselenggarakan dan dibiayai oleh negara yang menjadi Guest of Honour itu sendiri. Adanya Guest of Honour akan memastikan bahwa Frankfurt Book Fair akan selalu memiliki karakter yang berbeda setiap tahunnya. Penampilan Guest of Honour di Frankfurt Book Fair ini menjadi magnet bagi masyarakat umum, dan menjadi salah satu sorotan utama reportase media. Bagi negeri yang menjadi Guest of Honour-nya sendiri, penampilannya memiliki dua signifikansi: bukan saja sastra dan budaya negeri itu akan menjadi pusat perhatian di expo perdagangan buku dan media terbesar di dunia, tetapi industri buku dari negeri itu sendiri pun akan menikmati keuntungan yang sama.2

  1. http://www.indonesiabookfair.net/indonedia-menuju-goh-fbf-2015/
  2. http://www.indonesiagoesfrankfurt.net/guest-of-honour-informasi-tentang-konsepnya-1/

3. The Indonesian Theme of Frankfrut Book Fair 2015
Indonesia has 17,000 Islands of Imagination Theme of Frankfrut Book Fair 2015
The pavilion should present an ambiance and images suggestive of an archipelagic world, Indonesia, which is a diverse life-space of becoming -- meaning a perpetually progressive process. Indonesia, a modern democracy, is not merely an "imagined community"; it is "an internalized community", thanks both to its ancient traditions and its revolutionary past, and also to a common language spoken by people with different cultural backgrounds. It is a country linked by seas, shaped by a chain of volcanic histories, moulded by a narrative of nationhood.

 

PERIHAL SAYEMBARA

A. Judul Sayembara

Sayembara Paviliun Utama dan Stand Nasional Indonesia di Frankfurt Book Fair (FBF) 2015

B. Lingkup Sayembara

Lingkup wilayah Sayembara Paviliun Indonesia di Frankfurt Book Fair (FBF) 2015 berlaku nasional dan International. Keluaran sayembara ini adalah konsep dan desain skematik Paviliun Utama dan Stand Nasional Indonesia di FBF 2015, sesuai dengan program ruang yang tertera dalam TOR.Paviliun Utama merupakan area pameran yang berkenaan dengan penunjukkan Indonesia sebagai Guest of Honour oleh FBF 2015. Di area tersebut dilakukan presentasi Indonesia sebagai Guest of Honour dan berbagai program budaya lainnya. Sedangkan Stand Nasional merupakan stand Indonesia untuk memperkenalkan buku-buku, penerbit, dan penulis dari Indonesia.

C. Lokasi

Acara Frankfurter Buchmesse 2015 diadakan di komplek Messegelände, Ludwig-Erhard-Anlage 1, Frankfurt, Jerman. Paviliun Utama Indonesia berada di gedung Forum, dengan luas area pameran sebesar 2.500 m2. Sementara, Stand Nasional Indonesia berada bersama dengan stand-stand negara lain di gedung Halle 5.0 dengan luas area sebesar 500 m2.
Denah dan foto terlampir

 

TEKNIS PENYELENGGARAAN

A. SIFAT SAYEMBARA

Sayembara ini bersifat terbuka bagi Profetional Arsitek dan Desain Interior baik perorangan/kelompok. Dilangsungkan dalam Satu Tahap yang langsung dipilih pemenangnya serta bersifat Rahasia dalam hal ini penjurian tertutup. Pemenang dari hasil penjurian tersebut kemudian akan dipublikasikan ke media website resmi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di www.kebudayaan.kemdikbud.go.id, dan www.iai.or.id, (Panitia Berhak mempublikasikan Karya peserta baik berupa pameran ataupun buku). Pemenang yang memiliki persyaratan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, dapat dilibatkan dalam pelaksanaan pengembangan rancangan pada tahap selanjutnya.

B. PERSYARATAN PESERTA

  1. Peserta terbuka untuk Profesional Arsitek dan Desain Interior baik perorangan atau kelompok.
  2. Dalam sayembara ini tidak diperkenankan untuk diikuti oleh para pihak-pihak yang terkait dengan dewan juri maupun panitia penyelenggara baik secara pribadi maupun profesional (saudara/rekan kerja satu kantor) guna menghindari konflik kepentingan didalam proses penilaian. Apabila terjadi hal demikian, maka panitia penyelenggara dapat membatalkan kepesertaannya (diskualifikasi).

C. PENDAFTARAN SAYEMBARA

1    Pendaftaran dilakukan atas nama peserta yang bersangkutan dan peserta tersebut menjadi ketua tim/penanggung jawab atas hasil  perancangan. 
2   BUKTI TRANSFER PENDAFTARAN dikirim via email kepada panitia penyelenggara ke sayembara@iai.or.id dan melengkapi FORMULIR PENDAFTARAN yang tersedia (tercantum pada halaman Lampiran).
3   Peserta dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,- ditransfer ke: Bank Mandiri cab JDC acc. No. 117.0094017407 a/n IKATAN ARSITEK INDONESIA.
4   Pengambilan TOR/KAK dan form data identitas dapat mengunduh/download dari website www.iai.or.id atau permohonan melalui email sayembara@iai.or.id
5   Batas waktu Pendaftaran melalui email paling lambat adalah 30 Juni 2014

D. PENJURIAN SAYEMBARA

Penjurian bersifat tertutup dan rahasia. Dewan Juri Sayembara Paviliun Indonesia di Frankfurt Book Fair (FBF) 2015 adalah terdiri dari unsur :

Prof. Ir. Wiendu Nuryanti, M.Arch., Ph.D  (Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan)
Prof. Kacung Marijan, Ph.D (Direktur Jenderal Kebudayaan)
Ir. Budi Pradono IAI (Arsitek)
Ir. Julio Julianto Budiarta IAI, HDII (Arsitek)
Anies Alkurratu Aini, S.Sn HDII (Desainer Interior)
Ir. Eko A. Prawoto M.Arch (Arsitek)
Ir. Isandra Matin Ahmad IAI (Arsitek)


E. HADIAH SAYEMBARA

Pemenang Pertama  80 juta rupiah 
Pemenang Kedua 40 juta rupiah
Pemenang Ketiga 25 juta rupiah
Harapan I 10 juta rupiah
Harapan II 10 juta rupiah


*pajak ditanggung oleh Pemenang

F. JADWAL SAYEMBARA

Pengumuman Resmi Lewat IAI  30 Mei 2014 
Pendaftaran On-Line 30 Mei 2014 – 30 Juni 2014
Aanwijzing Jakarta 13 Juni 2014
Pengumpulan Materi (Batas akhir) 10 Juli 2014
Penjurian 11 Juli 2014
Pengumuman Pemenang 12 Juli 2014


KEBUTUHAN RUANG

Program Ruang Paviliun Utama dan Stand Nasional

         
No   Program Ruang Paviliun Utama  Luas (m2)  Keterangan 
 1.   Area Apresiasi Karya Sastra ditentukan sendiri  
 2.   Area Pertunjukan 800  
 3.   Area Reading & Collection ditentukan sendiri  
 4.   Area Lain-lain (contoh : Interaktif Multimedia)    ditentukan sendiri  
         
    Program Ruang Stand Nasional    
 1.   Area Koleksi Buku Exhibitor Utama 240  
 2.   Area Meeting Exhibitor Utama 240  
 3.   Area Pertunjukan Sederhana 240  
 4.   Area Koleksi Buku Co-exhibitor 160  
 5.   Area Meeting Co-exhibitor 160  
         


Keterangan :

  1. Ruang Pertunjukkan pada Paviliun Utama Ruang untuk pementasan seni, berupa Seni Tari dan pembacaan Puisi
  2. Buku yang akan dipamerkan sekitar 1200 judul buku,
  3. Perbedaan dengan Exbitor utama dengan Co- Exbitor
    • Exbitor utama merupakan stand utama
    • Co- Exbitor adalah tempat dari berbagai penerbit yang akan ikut
  4. Ruang pertunjukkan sederhana merupakan ruang yang digunakan untuk pertunjukkan namun dengan skala yang lebih kecil.
  5. Area Meeting Exhibitor Utama dengan Area Meeting Co-exhibitor digunakan untuk ruang pertemuan antar penerbit, misalnya : yang akan membeli hak penerbitan dll.

 

PEMASUKAN KARYA

A. TATA CARA PEMASUKAN KARYA

  1. Dari karya yang dihasilkan Peserta WAJIB membaca peraturan Terms & Conditions of Participation, dan harus sesuai dengan yang telah ditentukan.
  2. Peserta sayembara diminta untuk memasukkan gambar-gambar maksimal 5 (lima) lembar kertas ukuran A1 LANDSCAPE, bukan kalkir (tracing paper) dengan dilekatkan pada panel impraboard hitam dengan offset border 3cm (wajib). Tidak diperkenankan mencantumkan identitas apapun pada panel gambar. Peserta wajib mengikuti format kertas yang sudah disediakan oleh panitia.
  3. Output yangi harus diserahkan peserta untuk diverifikasi oleh Dewan Juri adalah karya sendiri dan mengutamakan orisionilitas belum pernah diikutsertakan dalam sayembara apapun. Materi gambar yang dimasukkan secara berurutan antara lain:

a. Lembar 1: Konsep Perancangan Terdiri dari :

  • Judul Karya, Konsep Penafsiran Tema, Konsep Desain, Konsep Integrasi antara Paviliun Utama (PU) dan Stand Nasional (SN), Konsep display buku, Zoning, konsep sirkulasi.
  • Konsep lain yang dianggap perlu.
  • Konsep Material Bahan, Skema warna dan strategi tahapan konstruksi terkait batasan waktu dan biaya.

b. Lembar 2: Perencanaan Paviliun Utama

  • Siteplan
  • Tampak-Potongan
  • Gambar denah, tampak, potongan, detil penting per-area (termasuk area koridor)

c. Lembar 3: Perencanaan Paviliun Utama

  • Gambar sistem konstruksi
  • Gambar sistem dan detail display (buku dan signage)
  • Perspektif

d. Lembar 4: Perencanaan Stand Nasional

  • Siteplan
  • Tampak-Potongan
  • Gambar denah, tampak, potongan, detail penting per-area (termasuk area koridor)

e. Lembar 5: Perencanaan Stand Nasional

  • Gambar sistem konstruksi
  • Gambar sistem dan detial display (buku dan signage)
  • Perspektif
  • Rencana Anggaran Bangunan & Jadwal pelaksanaan (tahap) pembangunan

4. Seluruh materi Karya diminta juga untuk :

a. Menyertakan data soft copy filenya untuk keperluan dokumentasi dan publikasi Penyelenggara serta Promotor, ke dalam CD-R maksimum sebesar 5 MB / per halaman gambar dengan bentuk format jpeg.

  • Format penamaan : Label CD-R adalah sbb : SPIFBF. Contoh : SPIFBF
  • File per lembar adalah sbb : SPIFBF – nomor lembar. Contoh : SPIFBF -01

b. Mengirimkan format jpeg file gambar karya tersebut ke email sayembara@iai.or.id; maksimum 2Mb per File Gambar, email subject : SPIFBF.

5. Menyertakan Formulir Nama Peserta dan anggota Kelompoknya dengan lengkap, untuk keperluan identitas pada pembuatan Sertifikat (Formulir tercantum pada lembar lampiran).

6. Panitia berhak melakukan diskualifikasi apabila Peserta tidak mengikuti tata cara pemasukan karya.

B. KERAHASIAAN KARYA

Untuk menjaga kerahasiaan dalam proses penjurian, peserta harus memasukkan materi karya dan identitas didalam 2 amplop terpisah dengan cara,

  1. Amplop Besar dengan ukuran A1, untuk memasukkan seluruh materi Gambar Karya
  2. Amplop Coklat dengan ukuran A4 berisi,
  • Formulir identitas Peserta dan anggota Kelompok.
  • CD-R rekaman karya.

C. BATAS PEMASUKAN KARYA

Seluruh softcopy Hasil Karya Sayembara di-email ke sayembara@iai.or.id pada hari Kamis, tanggal 10 Juli 2014 sebelum pukul 17.00 WIB dengan subject : SPIFBF.

Dan, seluruh hardcopy/printout diserahkan pada hari Kamis, tanggal 10 Juli 2014, selambat-lambatnya pukul 17.00 WIB kepada Sekretariat Panitia Pelaksana Penyelenggaraan Sayembara dengan alamat sebagai berikut:


Sekretariat Panitia Pelaksana Penyelenggaraan
Sayembara Paviliun Utama dan Stand Nasional Indonesia
di Frankfurt Book Fair (FBF) 2015
BIDANG PENGHARGAAN DAN SAYEMBARA KARYA ARSITEKTUR
IKATAN ARSITEK INDONESIA
Gedung Jakarta Design Center, lantai 7
Jl. Gatot Subroto, kavling 53
Jakarta 10260
Telp : 021-5304715
021-5304623
Contact Person: Putri, Titi, Christine

DOKUMEN

 

Filename Filesize Date
10_(revisi30Juni)Lokasi Dan Dimensi Stan Nasional 2015.png (70 downloads) 2.52 MB 2014-07-01
10_Site and Dimension National Stand 2015.fw.png (115 downloads) 1.51 MB 2014-06-18
Data Paviliun Utama.rar (160 downloads) 3.92 MB 2014-06-18
Data Stand Nasional.rar (131 downloads) 695.7 kB 2014-06-18
FORMAT PRESENTASI.pdf (113 downloads) 158.53 kB 2014-06-18
Kerangka Acuan Kerja Sayembara Frankfrut (BARU).pdf (163 downloads) 478.83 kB 2014-06-18
PengantarTema.pdf (116 downloads) 254.57 kB 2014-06-18
Poster16062014.jpg (101 downloads) 4.92 MB 2014-06-18
Poster B_Indo16062014.jpg (105 downloads) 4.75 MB 2014-06-18
PRE-COMPETITION MEETING OF DESIGN COMPETITION OF THE MAIN PAVILION AND NATIONAL INDONESIAN STAND.pdf (132 downloads) 253.46 kB 2014-06-18
PRESENTATION FORMAT.pdf (113 downloads) 157.9 kB 2014-06-18
Risalah Aanwijzing Sayembara Paviliu Utama dan Stand Nasional Indonesia.pdf (139 downloads) 329.7 kB 2014-06-18
Site.pdf (156 downloads) 4.91 MB 2014-06-18
Terms & Conditions of Participation.pdf (121 downloads) 509.13 kB 2014-06-18
TOR of Design Competition Main Pavilion and National Indonesian Stand.pdf (131 downloads) 246.8 kB 2014-06-18